Selasa, 19 Oktober 2010

PENGARUH DIMENSI KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Rosyidah Jayanti Vijaya
(Dipublikasi pada : Jurnal, Edisi September 2007, hal 104-131)

Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh atribut pembangun kesadaran merek: berbeda (be differentmemorable), penampakan simbol (symbol exposure), dan publisitas sponsor kegiatan (publicity-event sponsorship) terhadap keputusan pembelian tamu/pelanggan untuk memilih menginap di suatu hotel.
Subyek penelitian ini berjumlah 100 tamu/pelanggan Hotel Novotel, Hotel Saphir dan Hotel Jogjakarta Plaza. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan teknik nonprobability dan metoda snowball sampling. Alat yang digunakan untuk meneliti pengaruh adalah regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dari variabel berbeda-dikenang (be different-memorable) dan publisitassponsor kegiatan (publicity-event sponsorship) terhadap keputusan pembelian, sedangkan penampakan simbol (symbol exposure) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Signifikansi pengaruh variabel publisitas-sponsor kegiatan lebih besar daripada variabel berbeda-dikenang, bertolak belakang dengan penelitian yang dilakukan oleh Smith dan Swinyard (1983). Hal ini bisa disebabkan karena ambiguitas persepsi konsumen mengenai kualitas jasa yang mewakili variabel berbeda-dikenang (D’Souza dan Rao, 1995).
Gejala autokorelasi ditemukan dalam model yang digunakan, dan diatasi dengan transformasi data Cochrane-Orcutt.
Kata Kunci: Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si Jln. Sariasih No.54 Bandung 40151 - Indonesia
Telp (022) 2009570 atau HP. 0812 2353 284
e-mail :
kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

Anda Butuh Artikel/Jurnal lainnya ?
Merek, Meerek, Mereek, Merk, Mark, Brand

Tidak ada komentar:

Posting Komentar