Selasa, 19 Oktober 2010

Analisis Kepuasan Pelanggan pada Produk Laptop Merek Toshiba, Lenovo dan Sony di Bandung

Oleh : Dadang Setiawan & Kanaidi, SE., M.Si
2010
Abstrak
Dari Artikel dan Topic Conanda (
14 oktober 2009), yang penelitian tersebut didasarkan atas segi penampilan, kualitas, kekuatan, kehandalan, garansi mudah, pelayanan distributor bagus, dalam ketegori merek Laptop didapatkan tiga merek yang paling baik digunakan oleh konsumen, yaitu Toshiba, Lenovo dan Sony. Melihat bahwa merek-merek yang muncul sebagai market leader di Indonesia tersebut, peneliti mencoba menganalisis kepuasan pelanggan yang pernah dan merasakan dari ketiga merek produk laptop tersebut.

Sangatlah menarik mengetahui bagaimana pentingnya kepuasan pelanggan sebagai salah satu tujuan suatu produk yang diterima dan dirasakan oleh pelanggan. Toshiba, Lenovo dan Sony merupakan merek yang mempunyai kualitas dan ekuitas yang baik dibandingkan dengan merek lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka yang dapat disimpulkan pada umumnya pelanggan Produk laptop merek Toshiba, Lenovo dan Sony merasa puas,. Hal ini bisa terlihat berdasarkan hasil pengukuran tingkat kepuasan pada masing-masing produk yang mencapai persentase sebesar 97 %, namun ada beberapa indikator yang perlu mendapat perbaikan, yaitu indikator keandalan (reliability) terutama pada dua jenis produk laptop merek Toshiba dan Sony yang berdasarkan hasil pengukuran hanya mencapai rata-rata 55 %.

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

Profil Lengkap: Kanaidi, SE., M.Si

Related Posting :

Merek, Meerek, Mereek, Merk, Mark, Brand

Tidak ada komentar:

Posting Komentar