Kamis, 28 Oktober 2010

ANALISIS ASOSIASI MEREK POLITEKNIK POS INDONESIA DI BENAK MAHASISWA

Oleh : Juniawan Fatulrochman
2010
ABSTRAK
Setiap konsumen memiliki kesan yang berbeda dalam menilai suatu merek, baik itu kesan positif ataupun kesan negatif, semua tergantung dari cara konsumen menilai dan mengasosiasikan merek tersebut. Konsumen mendapatkan kesan positif ketika konsumen mendapatkan kepuasan yang sesuai dengan harapan, dengan begitu konsumen akan menyimpan kesan tersebut dalam benaknya. Begitu juga dengan Polteknik Pos Indonesia yang juga memiliki tesan tersendiri di benak mahasiswanya. Setiap mahasiswa di Politeknik Pos Indonesia tentunya memiliki kesan yang berbeda terhadap Politeknik Pos Indonesia, baik itu kesan positif ataupun negatif karena kesan yang muncul didasarkan pada penilaian mahasiswa sendiri dalam menilai dan mengasosiasikan Politeknik Pos Indonesia.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 8 (delapan) atribut asosiasi merek yang ditawarkan kepada responden (mahasiswa) mengenai asosiasi merek Politeknik Pos Indonesia. Dari 8 (delapan) atribut yang ditawarkan kepada responden mengenai asosiasi merek, terdapat 7 (tujuh) atribut yang kuat di benak mahasiswa diantaranya, Politeknik Pos Indonesia identik dengan PT. Pos Indonesia, identik dengan Kota Bandung dan identik dengan menyalurkan luluannya ke dunia kerja. Namun, terdapat 1 (satu) yang tidak kuat di benak mahasiswa, yaitu Politeknik Pos Indonesia identik dengan pegawai yang handal dan kompeten.
Adapun saran yang dapat dipertimbangkan pihak Politeknik Pos Indonesia agar memperkuat nama Politeknik Pos adalah dengan menambahkan atribut Politeknik Pos Indonesia identik dengan tempat pelatihan/sertifikasi, identik dengan Kota Bandung serta memiliki dosen handal dan kompeten dalam brosur, spanduk, website dan bauran promosi lainnya disamping atribut yang sudah dipakai oleh Politeknik Pos Indonesia saat ini serta memberikan pelatiha kepada pegawai jika Politeknik Pos Indonesia ingin mengetengahkan atribut memiliki pegawai handal dan kompeten.

Artikel lengkap, hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si Jln. Sariasih No.54 Bandung 40151 - Indonesia
Telp (022) 2009570 atau HP. 0812 2353 284
e-mail :
kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

Anda Butuh Artikel/Jurnal lainnya ?, click di:

Merek, Meerek, Mereek, Merk, Mark, Brand

Tidak ada komentar:

Posting Komentar