Kamis, 28 Oktober 2010

ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP BRAND EQUITY

(Studi Kasus Pada Konsumen PT. Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation Cabang Bandung)
Oleh : M. Ramli (2010)

ABSTRAK

Perekonomian Indonesia terus tumbuh dan persaingan industri otomotif semakin kompetitif. Salah satu indikatornya adalah peningkatan penjualan mobil. Total penjualan mobil di Indonesia pada kuartal pertama 2010, untuk ritel mengalami kenaikan 55,4 persen, sedangkan wholesales mengalami kenaikan 73,9 persen. Dunia bisnis mengenal betapa pentingnya image atau citra. Sebuah merek yang hanya sebuah nama, itu bisa bernilai mahal bahkan mahal sekali, lebih dari sekedar untaian huruf yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap brand equity pada mobil Isuzu dan untuk mengetahui dimensi brand image yang berpengaruh signifikan terhadap brand equity mobil Isuzu.

Untuk mengetahui pengaruh brand image dan brand equity, dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden. Kuesioner diuji validitas dan reliabilitanya. Kemudian hasil pernyataan dari responden tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Analisis regresi digunakan untuk menguji pengaruh brand image terhadap brand equity dan untuk menguji pengaruh dimensi brand image, yang terdiri dari corporate image, user image dan product image terhadap brand equity. Besarnya pengaruh brand image terhadap brand equity adalah sebesar 56,7%. Dimensi brand image yang berpengaruh signifikan terhadap brand equity adalah corporate image dan user image, sedangkan product image tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap brand equity.

Perlu dilakukan kajian lebih mendalam untuk mengetahui dan mengukur faktor-faktor lain selain brand image yang berpengaruh terhadap brand equity juga menambah frekuensi kegiatan customer gathering (mengundang pelanggan Isuzu khususnya pelanggan bisnis untuk mengikuti acara jamuan makan, atau festival musik, test drive dan offroads), move exhibiton (berkeliling membawa produk Isuzu ke tempat-tempat yang banyak dikunjungi masyarakat) dan pameran baik di mall atau pun di tempat lain yang sering dikunjungi masyarakat.


Artikel/Hasil Penelitian lengkap, hubungi :

Kanaidi, SE., M.Si* (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Jln. Sariasih No.54 Bandung 40151 - Indonesia
Telp (022) 2009570 atau HP. 0812 2353 284
e-mail :
kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
* Profil Lengkap, lihat (click) di http://www.pemimpinunggul.com/thesis/kanaidi.html

Related Posting :

Merek, Meerek, Mereek, Merk, Mark, Brand

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar