Selasa, 01 Januari 2013

MEMBANGUN BRAND LOYALTY MELALUI BRAND TRUST DAN CUSTOMER SATISFACTION

Oleh : Luky Susilowati
Publikasi pada : Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol.10 No. 1 Maret 2010

Abstract
Business competition by the company getting fighter in the long run, these conditions require the management to be more careful in determining the competitive strategy, in order to win on competition. Thus will be able to create high customer loyalty towards the products offered. The firm make a brand for their product, Consumer will be able to prefer the brands, it’s depend on atribut of the product and then take satisfaction. The aim of this research to analyze Brand Trust and Customer Satisfaction influence to Brand loyalty.
Variable in this research are Brand Trust, Merk Loyalty and Customer Satisfaction. Variable measured by Interval Scale and primary data used in this research. Purposive sampling have been taken to identify the sample, there was customer who had bought twice and 18 years old. Data analyzed by Structural Equation Modeling (SEM).
The result of this research show that, Brand Trust have positif influence to Customer Satisfaction, and Customer Satisfaction have positif influence to Brand Loyalty.
Keywords : Brand Trust , Brand Loyalty, Customer Satisfaction

PENDAHULUAN
Suatu perusahaan pasti memiliki sasaran utama jangka panjang yakni “ menciptakan pelanggan.” Di sisi lain pelanggan masa kini menghadapi beraneka ragam pilihan produk, merek, harga dan pemasok. Pemasar percaya bahwa para pelanggan berminat pada produk yang akan memberikan penawaran nilai tertinggi. Para pelanggan menginginkan nilai maksimal, dengan dibatasi oleh biaya pencarian serta pengetahuan, mobilitas, dan penghasilan yang terbatas.
Menurut Karmadi (2001) ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencari dan mempertahankan merek. Agar diterima oleh pelanggan, selalu bersikap baik terhadap pelanggan, memiliki komitmen dalam menjual produk dan jasa. pengetahuan dan kemampuan staf perusahaan harus sejajar kemampuan pelanggan primer. Selain itu perlu adanya “Consumer’s Loyalty Programs”, serta perusahaan harus memiliki Trust dari pelanggan, kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Beberapa perusahaan berhasil dalam meningkatkan harapan dan memberikan kinerja yang memenuhi. Perusahaan-perusahaan ini menuju pada TCS-Total Customer Satisfaction (kepuasan pelanggan total). Tantangan untuk TCS adalah menciptakan budaya perusahaan, dimana setiap orang dalam perusahaan bertujuan untuk menyenangkan pelanggan. Perusahaan juga perlu mempertajam paradigma, tidak hanya berusaha...  (baca_selengkapnya)



Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Butuh Artikel/Jurnal lainnya ?, click di :
KANAIDI\Jurnal Merek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar