Kamis, 25 November 2010

ANALISIS PENGARUH BRAND SPONSORSHIP TERHADAP BRAND AWARENESS

oleh : Hilmi Sanova & Tri Wismiarsi
(Dipublikasi : The 4th PPM National Conference on Management Research Jakarta, 25 November 2010, ISSN: 2086-0390, hal. 1-9)
Abstrak
Brand sponsorship is an important promotion tool for cigarette industry, as the industry is limited by Peraturan Pemerintah No.81/1999 for its promotion activities. Therefore, this study looks at the effectiveness of brand sponsorship on brand awareness. This study used primary data which were taken from event sponsored by Djarum Super. The results reveal that brand sponsorship is related to brand awareness.
Keywords: brand sponsorship, brand awareness, Djarum Super

Pendahuluan
Persaingan bisnis yang semakin ketat menjadi tantangan bagi para produsen dalam menyusun strategi, agar produk mereka dapat menjadi pilihan konsumen. Produk yang baik, belum dapat menjamin perusahaan untuk mendapat keuntungan. Sebelum suatu produk diluncurkan ke pasar, produsen harus memperkenalkan merek (brand) produk tersebut kepada masyarakat. Hal tersebut dianggap penting, karena merek sangat berperan dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk (Aaker, 1996). Saat ini persaingan untuk memperebutkan pelanggan tidak hanya terjadi di pasar, akan tetapi terjadi juga di benak pelanggan (Rise dan Troute, 2002).
Upaya membangun kesadaran merek (brand awareness) adalah suatu hal mendasar dalam persaingan merek (Kotler dan Keller, 2006). Awareness merupakan ukuran kekuatan eksistensi suatu merek di benak pelanggan (Aaker, 1996). Kesadaran merek dapat mempengaruhi konsumen dalam . . . . . .

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).

Butuh Artikel/Jurnal lainnya ?, click di :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar