Kamis, 28 Oktober 2010

ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP BRAND EQUITY

(Studi Kasus Pada Konsumen PT. Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation Cabang Bandung)
Oleh : M. Ramli (2010)

ABSTRAK

Perekonomian Indonesia terus tumbuh dan persaingan industri otomotif semakin kompetitif. Salah satu indikatornya adalah peningkatan penjualan mobil. Total penjualan mobil di Indonesia pada kuartal pertama 2010, untuk ritel mengalami kenaikan 55,4 persen, sedangkan wholesales mengalami kenaikan 73,9 persen. Dunia bisnis mengenal betapa pentingnya image atau citra. Sebuah merek yang hanya sebuah nama, itu bisa bernilai mahal bahkan mahal sekali, lebih dari sekedar untaian huruf yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap brand equity pada mobil Isuzu dan untuk mengetahui dimensi brand image yang berpengaruh signifikan terhadap brand equity mobil Isuzu.

Untuk mengetahui pengaruh brand image dan brand equity, dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden. Kuesioner diuji validitas dan reliabilitanya. Kemudian hasil pernyataan dari responden tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Analisis regresi digunakan untuk menguji pengaruh brand image terhadap brand equity dan untuk menguji pengaruh dimensi brand image, yang terdiri dari corporate image, user image dan product image terhadap brand equity. Besarnya pengaruh brand image terhadap brand equity adalah sebesar 56,7%. Dimensi brand image yang berpengaruh signifikan terhadap brand equity adalah corporate image dan user image, sedangkan product image tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap brand equity.

Perlu dilakukan kajian lebih mendalam untuk mengetahui dan mengukur faktor-faktor lain selain brand image yang berpengaruh terhadap brand equity juga menambah frekuensi kegiatan customer gathering (mengundang pelanggan Isuzu khususnya pelanggan bisnis untuk mengikuti acara jamuan makan, atau festival musik, test drive dan offroads), move exhibiton (berkeliling membawa produk Isuzu ke tempat-tempat yang banyak dikunjungi masyarakat) dan pameran baik di mall atau pun di tempat lain yang sering dikunjungi masyarakat.


Artikel/Hasil Penelitian lengkap, hubungi :

Kanaidi, SE., M.Si* (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Jln. Sariasih No.54 Bandung 40151 - Indonesia
Telp (022) 2009570 atau HP. 0812 2353 284
e-mail :
kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
* Profil Lengkap, lihat (click) di http://www.pemimpinunggul.com/thesis/kanaidi.html

Related Posting :

Merek, Meerek, Mereek, Merk, Mark, Brand

ANALISIS ASOSIASI MEREK POLITEKNIK POS INDONESIA DI BENAK MAHASISWA

Oleh : Juniawan Fatulrochman
2010
ABSTRAK
Setiap konsumen memiliki kesan yang berbeda dalam menilai suatu merek, baik itu kesan positif ataupun kesan negatif, semua tergantung dari cara konsumen menilai dan mengasosiasikan merek tersebut. Konsumen mendapatkan kesan positif ketika konsumen mendapatkan kepuasan yang sesuai dengan harapan, dengan begitu konsumen akan menyimpan kesan tersebut dalam benaknya. Begitu juga dengan Polteknik Pos Indonesia yang juga memiliki tesan tersendiri di benak mahasiswanya. Setiap mahasiswa di Politeknik Pos Indonesia tentunya memiliki kesan yang berbeda terhadap Politeknik Pos Indonesia, baik itu kesan positif ataupun negatif karena kesan yang muncul didasarkan pada penilaian mahasiswa sendiri dalam menilai dan mengasosiasikan Politeknik Pos Indonesia.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 8 (delapan) atribut asosiasi merek yang ditawarkan kepada responden (mahasiswa) mengenai asosiasi merek Politeknik Pos Indonesia. Dari 8 (delapan) atribut yang ditawarkan kepada responden mengenai asosiasi merek, terdapat 7 (tujuh) atribut yang kuat di benak mahasiswa diantaranya, Politeknik Pos Indonesia identik dengan PT. Pos Indonesia, identik dengan Kota Bandung dan identik dengan menyalurkan luluannya ke dunia kerja. Namun, terdapat 1 (satu) yang tidak kuat di benak mahasiswa, yaitu Politeknik Pos Indonesia identik dengan pegawai yang handal dan kompeten.
Adapun saran yang dapat dipertimbangkan pihak Politeknik Pos Indonesia agar memperkuat nama Politeknik Pos adalah dengan menambahkan atribut Politeknik Pos Indonesia identik dengan tempat pelatihan/sertifikasi, identik dengan Kota Bandung serta memiliki dosen handal dan kompeten dalam brosur, spanduk, website dan bauran promosi lainnya disamping atribut yang sudah dipakai oleh Politeknik Pos Indonesia saat ini serta memberikan pelatiha kepada pegawai jika Politeknik Pos Indonesia ingin mengetengahkan atribut memiliki pegawai handal dan kompeten.

Artikel lengkap, hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si Jln. Sariasih No.54 Bandung 40151 - Indonesia
Telp (022) 2009570 atau HP. 0812 2353 284
e-mail :
kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

Anda Butuh Artikel/Jurnal lainnya ?, click di:

Merek, Meerek, Mereek, Merk, Mark, Brand

Selasa, 19 Oktober 2010

PENGARUH MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN PADA LAYANAN SOPP DI KANTOR POS BANDUNG 40000

Oleh : Elsa Elisah Yuniar & Kanaidi, SE., M.Si
2009

Abstraksi

Penelitian ini dilakukan pada layanan SOPP (System Online Payment Point) di Kantor Pos Bandung 40000, yang daerah pelayanannya meliputi Kota Bandung dan sekitarnya. Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai tanggapan pelanggan mengenai merek SOPP, sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh merek terhadap keputusan pembelian pelanggan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan verifikatif. Untuk mendukung metode tersebut penulis menyebarkan kuesioner dengan sampel sebanyak 115 responden.

Dari hasil pengolahan data didapatkan total skor untuk variabel merek sebesar 3.138. Hal ini berarti bahwa tanggapan mengenai merek SOPP sudah baik. Sedangkan total skor untuk variabel keputusan pembelian sebesar 2.283, hal ini berarti keputusan pembelian pelanggan pada layanan SOPP juga sudah baik. Dari hasil hitung didapati bahwa secara umum merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si* (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

*Profil Lengkap, lihat (click) di http://www.pemimpinunggul.com/thesis/kanaidi.html

Related Posting :

Merek, Meerek, Mereek, Merk, Mark, Brand